Wednesday, September 17, 2014

Facebook Raja SosMed

Mark Zuckerberg:


Situs jejaring sosial Facebook (FB) saat ini bukanlah hal yang asing lagi baik di kalangan pengguna lama maupun pengguna internet yang baru kemarin sore. Situs buatan Mark Zuckerberg kini telah merajai dunia media sosial dengan jumlah penggunanya yang mencapai 1 miliar.

Situs ini didirikan oleh Mark Zuckerberg, sang mahasiswa Harvard University yang memilih drop out dari kuliahnya demi menyelesaikan masterpiecenya ini hingga akhirnya mendunia. Dengan dukungan keluarganya, dia menghabiskan dana sekitar 85 ribu USD atau mencapai 1 miliar rupiah di masa-masa awal berdirinya. Investasi sebesar itu akhirnya terjawab hari ini karena nilai perusahaan FB telah mencapai 20 miliar USD atau lebih dari 236 triliun.

Yang mengejutkan lagi adalah Facebook sukses melakukan saham pertamanya di Bursa Efek NASDAQ, AS. Saham Facebook berhasil menembus angka US$100 miliar atau Rp1.184 triliun. Nilai ini adalah nilai paling fantastis dalam sejarah penjualan perusahaan karena melebihi nilai gabungan Yahoo, Groupon, Linkedln, Netfilx, dan IAC.

Pada awalnya, Facebook adalah perusahaan yang mengandalkan pendapatannya dari iklan. Namun kini perusahaan justru mengoneksikan dirinya dengan FB melihat popularitas situs tersebut. Sudah ada 7 juta perusahaan yang saat ini membuat halaman resmi di Facebook dan menyertakan like FB di situs-situs mereka.

Dalam operasionalnya, FB mencatatkan aktivitas yang fantastis. Dalam setiap 20 menitnya, ada 2 juta permintaan pertemanan yang terjadi, 3 juta pesan yang dikirimkan dan 1 juta link yang dibagikan oleh pengguna FB. Bagaimana dengan foto-foto yang diunggah itu? FB melaporkan bahwa 350 Juta foto diunggah dan ada 450 like yang di-klik setiap harinya.

Para pengguna bebas berkomunikasi dengan dukungan bahasa yang memadai. Saat ini tersedia 70 macam bahasa yang dapat dipilih oleh pengguna FB baik untuk membuat profil dirinya maupun dalam update status. Terkait keamanan situs, FB selalu melakukan update dengan membuat sayembara kepada para ahli keamanan yang nantinya akan dihadiahi minimal 500 USD atau 5,9 juta rupiah untuk siapa pun yang berhasil menembus piranti pengamanan FB.

No comments:

Post a Comment